Kamis, 24 Juli 2014

Gua Maria Kanada JAWA BARAT Januari 2014

GUA MARIA KANADA,
RANGKASBITUNG, BANTEN

GUA Maria Kanada, yang dibangun pada tahun 1987 ini merupakan tanggapan umat Paroki Santa Maria Tak Bernoda Rangkasbitung, Banten terhadap Ensiklik Redemptoris Mater berkaitan dengan tahun Maria 1987. Gua Maria ini diberi nama Kanada karena Iokasinya di Kampung Na­rimbang Dalam (KaNaDa). Sengaja dipilih singkatan itu agar terkesan keren sebagaimana diusulkan Pastor Sumardiyo Adipranoto, Pastor Paroki Santa Maria Tak Bernoda Rangkasbitung ketika itu. Gua ini diberkati oleh Uskup Bogor Mgr Ignatius Harsono pada tanggal 13 Agustus 1988.
Gua Maria Kanada merupakan salah satu aset gereja provinsi Banten. Gua ini terletak di Jalan Raya Cipanas di lereng bukit kecil yang dihiasi dengan tanam-tanaman yang rimbun sepanjang musim. Udaranya sejuk. Stasi-stasi jalan salib ditempatkan di sekeliling bukit yang dihubungkan dengan jalan setapak semi permanen. Prosesi jalan salib mengelilingi bukit kecil itu di bawah naungan pepohonan yang rindang.
Biasanya, ziarah dimulai dengan prosesi Jalan Salib. Stasi pertama terletak tidak jauh dari gerbang utama di sebelah kanan. Di. Gua Maria ini tersedia ruang doa/semadi persis di depan gua. Di samping patung Bunda Maria terdapat terowongan setinggi satu setengah meter, tempat untuk semadi. Selain itu, di sekitar gua terdapat sumur tua yang diberi nama Sendang Bukit Kanada.
Di sebelah Gua Maria juga terdapat kapel yang dapat digunakan peziarah untuk merayakan ekaristi atau kegiatan pendalaman iman lainnya.

DOA KEPADA SANTA PERAWAN MARIA YANG TAK BERNODA 
Santa Perawan Maria yang tak bernoda, yang dikandung tanpa dosa yang selalu mengarahkan setiap gerakan hati yang paling dalam kepada Allah, dan yang selalu tunduk pada kehendak ilahi, penuhilah kami dengan rahmat agar kami membenci dosa dengan segenap hati dan belajar daripadamu untuk hidup dalam semangat penyerahan diri pada kehendak Allah. Amin.       '


Tidak ada komentar:

Posting Komentar